Sepekan terakhir ini beranda facebook saya dipenuhi oleh berita tentang Hexagon City. Jelas saja demikian karena lingkup pertemanan saya memang sebagian besar adalah anggota komunitas Ibu Profesional. Menyimak tulisan teman-teman tentang Hexagon City ini membuat saya tersadar luar biasa dampak seorang ambassador apalagi jika seperti ini, tidak hanya dilakukan oleh satu orang. Kita bahas lebih detail yaa..
Pengertian ambassador menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah duta besar. Biasanya dikaitkan dengan suatu produk/merk (brand) tertentu sehingga dikenal pula istilah Brand Ambassador. Ambassador ini perlu ada karena dari ambassador inilah akan terbentuk citra suatu produk/merk/kegiatan, mengubah persepsi seseorang terhadap produk/merk/kegiatan dan menarik perhatian orang lain.
Dari sini dapat disimpulkan setidaknya ada 4 hal yang perlu dimiliki seorang ambassador
- Daya tarik. Seorang ambassador suatu produk kosmetik tentu penting untuk memiliki daya tarik secara fisik. Tetapi tidak semua ambassador haruslah memiliki daya tarik fisik. Karakter dirinya pun bisa menjadi daya tarik
- Bisa dipercaya. Penilaian dan tingkat kepercayaan berpengaruh pada ketertarikan seseorang untuk memperhatikan produk yang disampaikan. Misalnya ketika seorang ambassador dikenal suka bohong, maka orang juga tidak akan percaya pada apa yang disampaikannya. Bisa jadi itu itu berita bohong saja
- Kesesuaian. Seorang ambassor menjadi representatif dari apa yang diwakilinya. Misalnya ambassador Hexagon City, maka menjadi representatif bagi kota ini. Dengan menyimak apa yang disampaikan oleh seorang ambassador, orang lain akan mendapatkan suatu gambaran yang jelas dan semakin tertarik untuk mengetahui lebih dalam lagi. Penting sekali bagi seorang ambassador untuk menyadari bahwa apa pun yang dilakukannya haruslah menjadi bukti sesuai dengan apa yang disampaikannya. Contoh, ketika menjadi ambassador Hexagon City, menyampaikan bahwa ini ada kota produktif yang luar biasa keren karena banyak pelatihan dan seterusnya. Tetapi di lain waktu memposting tulisan betapa ia mulai lelah berada di kota ini. Orang yang membaca akan menangkap pesan bahwa kota ini memang keren tetapi berada di dalamnya tidak membahagiakan.
- Memiliki pengetahuan pada produk/merk
- Menyadari dampak perannya sebagai ambassador.
- Terdorong untuk meningkatkan keterampilan diri seperti kerampilan berbicara depan umum, keterampilan menulis, dan lain sebagainya
- Menambah rasa percaya diri
- Menambah luas pertemanan
- Mengasah tanggung jawab
- Menjadi bagian dari program kebaikan
- Menambah kebahagiaan diri karena kebermanfaatan yang diberikan
0 Comments:
Posting Komentar
Haiii.. tanpa mengurangi keakraban, silahkan berkomentar dengan baik dan sopan yaa.. Komentar bersifat spam tidak akan dipublikasi